Begini Cara Mengakali AC Mobil biar Gak Boros Bensin

AC Mobil
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa air conditioner atau AC mobil bikin pemakaian bahan bakar jadi lebih boros. Sebab, kinerja penyejuk kabin itu berhubungan dengan beban yang harus ditanggung mesin.

Untuk bisa membuat suhu kabin lebih rendah dari udara luar, dibutuhkan beberapa perangkat. Salah satunya, kompresor yang berfungsi mengubah zat kimia freon dari gas menjadi wujud cair.

Umumnya, kompresor terhubung ke mesin melalui sabuk khusus, yang juga digunakan untuk memutar pompa air dan alternator sebagai pengisi daya listrik kendaraan.

Besarnya beban kompresor bisa kamu lihat, saat mengaktifkan AC. Perhatikan adanya penurunan putaran mesin, ketika tombol AC ditekan atau diputar. Sebuah sistem kemudian akan menaikkan putaran mesin secara otomatis, sebagai kompensasi penambahan beban tersebut.

Dilansir dari laman Suzuki, Rabu 25 September 2019, konsumsi BBM akan semakin boros jika suhu AC diatur ke posisi paling rendah. Perangkat akan bekerja keras, berusaha memenuhi target suhu yang ditentukan.

Nah, agar pemakaian BBM tidak terlalu boros, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

Atur suhu

Jangan atur suhu ke tingkat yang paling rendah. Cukup pasang di angka 24 atau 25, dan pastikan embusan angin mencapai bagian belakang.

Matikan AC saat suhu luar sejuk

Jika suhu luar sedang bersahabat, tidak ada salahnya mematikan AC dan membuka kaca jendela.

Parkir di tempat teduh

Kamu cenderung memaksimalkan AC, ketika masuk ke dalam mobil yang diparkir di bawah terik matahari.