Cara Mudah Cegah Karat di Motor saat Musim Hujan

Pengendara motor melaju di tengah hujan deras
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA – Hujan mulai ?mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta dan Bandung, Jawa Barat. Hal ini membuat pemilik kendaraan harus lebih memperhatikan motor yang digunakan, agar karat di beberapa komponen tidak muncul.

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat Ade Rohman mengatakan, pemilik kendaraan harus segera membersihkan motor, usai berkendara di tengah guyuran hujan.

"Mencuci motor, lalu mengeringkan dengan mengelap atau menyemprot angin, kemudian lumasi komponen yang bergesekan atau bergerak," ujarnya di Bandung, Sabtu 2 November 2019.

Ade juga menyarankan pemilik motor, untuk menjaga bagian kelistrikan. Cara yang disarankan ialah, menghindari genangan air saat berkendara.

Hindari genangan air serta banjir, yang dapat merendam sebagian atau seluruh bagian mesin serta elektrik. Rutin memeriksa tutup oli mesin, agar terhindar dari kebocoran. Periksa tutup busi dari kebocoran yang mengakibatkan korsleting, serta perhatikan kabel bodi dari pengelupasan," tuturnya.

Sebagai informasi, dalam rangka menyambut Ulang Tahun Jawa Barat ke-74, DAM menggelar acara Honda Premium Matic Day 2019 di Gedung Sate, Bandung pada 1-3 November. Ajang ini berbarengan dengan diadakannya West Java Festival 2019.

Ada beberapa rangkaian aktivitas menarik untuk para pengunjung, seperti hybrid technology talkshow, smart key challenge, modification class community, freestyle basketball battle, photo competition, e-sport competition, hingga test ride berhadiah.

“Pengunjung juga dapat mengenal lebih dekat jajaran matic premium Honda, seperti Vario 125, Vario 150, PCX 150, PCX Hybrid, ADV 150, dan Forza," ungkap General Manager Motorcycle Sales, Marketing and Logistic DAM, Lerri Gunawan.

Tak hanya itu, pada hari ini juga digelar Honda Genuine Parts (HGP) Creative Video Workshop, yakni sebuah acara yang diikuti oleh 200 sineas muda dan bertujuan untuk melatih mereka untuk membuat video kreatif tentang produk suku cadang serta aksesori Honda.

“Mereka dapat membuat ide cerita yang menarik dan lebih kreatif dalam waktu durasi satu menit dengan tetap mengedepankan produk Honda Genunine Parts, AHM Oil dan Honda Genuine Accesories and Apparel,” jelas General Manager Parts Sales, Marketing and Logistic DAM, Ferdy Sukmawidjaja.