Untung Rugi Beli Mobil Bekas Lewat Diler Vs Pemilik Langsung

Penjualan Mobil Bekas Jelang mudik Lebaran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Harga mobil baru yang semakin meningkat, membuat sebagian orang memutuskan untuk membelinya dalam kondisi bekas pakai. Ada beberapa keuntungan yang didapat, jika memutuskan untuk memiliki mobil yang sudah tidak baru lagi.

Contohnya, uang yang dikeluarkan tidak sebanyak ketika membeli mobil dalam kondisi baru. Selain itu, kamu juga tidak perlu menunggu proses pengurusan surat-surat. Mobil bisa langsung dipakai, hingga jatuh tempo pembayaran pajak.

Stok mobil bekas yang ada di pasaran, dibagi menjadi dua jenis sesuai sumbernya. Kamu bisa langsung berkunjung ke tempat si pemilik, atau mendatangi diler mobkas yang banyak tersedia. Lalu, mana yang lebih menguntungkan?

Dilansir dari laman Seva.id, Senin 11 November 2019, masing-masing cara memiliki keuntungan dan kerugian. Saat membeli langsung ke pemilik, kamu tidak perlu khawatir soal adanya biaya tambahan, yang biasa dipungut diler mobkas untuk keuntungan mereka.

Tapi, jika ada kerusakan pasca pembelian, maka itu sudah jadi tanggung jawab pembeli. Artinya, kamu harus lebih teliti saat memeriksa kondisi mobil yang jadi incaran.

Sementara, membeli mobil bekas di diler bisa menguntungkan karena model yang tersedia cukup banyak. Kamu bisa memilih, mana yang sesuai kebutuhan dan selera. Tak hanya itu, kamu juga bisa membayar secara kredit, sehingga tidak perlu menyiapkan banyak uang.

Tapi, terkadang ada diler yang curang dan mengakali kondisi mobil agar terlihat prima. Untuk itu, pastikan adanya jaminan atau garansi dari tempat kamu membelinya.