Cara Mudah Bikin Motor Awet Muda

Servis motor Honda.
Sumber :
  • Dok: Astra Motor

VIVA – Sepeda motor hingga saat ini, masih menjadi kendaraan andalan masyarakat Indonesia. Bentuknya yang kecil dan irit bahan bakar, membuatnya ideal untuk dipakai di perkotaan.

Banyak model yang beredar di pasar otomotif nasional, mulai dari jenis bebek atau underbonesport hingga skuter matik. 

Meski sudah dibenamkan tekonologi canggih, sepeda motor harus mendapat perawatan dari pemiliknya. Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno memberikan trik jitu, agar motor tetap prima dan bebas masalah.

Untuk motor jenis bebek dan sport, yang paling penting adalah melakukan perawatan rantai roda. Bahkan, bagian ini pemilik harus rajin-rajin memeriksa fisiknya. 

"Kita harus perhatikan fisiknya dulu, fisiknya bisa dilihat apakah kering atau kendur. Kalau kendur, berarti kita harus melakukan penyetelan dan bila kering harus dilumasi," ujarnya di Jakarta, Senin 11 November 2019. 

Endro menjelaskan, rantai mudah kering jika sering terguyur hujan. Setidaknya, pemilik melumasi rantai roda satu kali tiap pekan. 

"Kalau kotor dan kendur, itu mengakibatkan rantai cepat aus. Usianya tergantung pemakaian dan perawatan. Kalau perawatannya molor bisa hanya sampai setahun," ungkapnya. 

Endro menuturkan, untuk skuter matik yang perlu diperhatikan adalah komponen transmisi Continously Variable Transmission atau disebut CVT. Bagian ini punya waktu pemeriksaan rutin. 

"CVT ini tiap 8.000 kilometer diperiksa. Karena, bisa jadi ada yang kotor, atau aus," ungkapnya.