Mobil Sering Kempis, Jangan Cuma Mengecek Ban

ban kempis.
Sumber :
  • Shanghaiist

VIVA – Pelek mobil aftermarket kini sangat beragam. Sehingga, pemilik kendaraan memiliki banyak pilihan saat sudah bosan dengan tampilan pelek standar, dan berencana menggantinya dengan model baru.

Meski membuat tampilan mobil lebih keren daripada versi standar, pemilik mobil sebaiknya memilih dengan teliti sebelum memasang pelek aftermarket pada kendaraannya. Jika kualitasnya buruk, risikonya adalah roda mobil akan sering kempis.

Roda mobil yang sering kempis, kata Direktur Marketing HSR Wheels, Hendra Wijaya, bisa jadi bukanhanya terjadi masalah pada karet bannya. Tetapi, bisa jadi ada kerusakan pada bagian peleknya.

"Biasanya ada pin hole. Misalnya sudah ganti pelek, dalam seminggu kempis. Walaupun sudah dipompa terus kempis lagi, bisa jadi itu kerusakan pada peleknya," ujarnya saat peluncuran HSR Myth di Jakarta, Kamis 23 Januari 2020.

Baca juga: Produsen China Masuk Daftar 10 Merek Mobil Laris Manis di RI

Untuk masalah pin hole, kata Hendra, sulit dideteksi dengan mata secara langsung. Cara mendeteksinya, bisa dilakukan dengan merendam pelek di air. Bila ada kerusakan ataupun lubang kecil di bagian bibir maupun punggung pelek, akan keluar buih air.

Kerusakan jenis ini, kata Hendra, masuk dalam jaminan kualitas pelek HSR yang dipasarkan di Indonesia. Jika mengalami kondisi tesebut, konsumen bisa membawa pelek beserta bannya ke toko cabang HSR untuk dilakukan pengecekan dan penggantian pelek.

"Misalnya sudah ganti pelek kami, dalam seminggu kempis. Walaupun sudah dipompa terus kempis lagi, bisa jadi itu kerusakan pinhole. Bawa ke kami, pasti akan kami langsung ganti," tuturnya.

Hendra mengatakan, saat ini pihaknya menawarkan beragam jenis pelek, termasuk yang paling baru adalah tipe Myth 01, Myth 02, Myth 03, Myth 04, Myth 05. Masing-masing ditawarkan dengan ukuran dan diameter yang berbeda.

Myth 01 tersedia ukuran 17 dan 18 inci untuk city car, sedan dan MPV. Myth 02 hanya diameter 20 inci khusus untuk SUV. Lalu Myth 03 dan Myth 05 ukurannya 18 dan 20 inci untuk MPV dan SUV, serta Myth 04 berdiameter 17 inci untuk dipakai city car maupun sedan.

"Harganya untuk ring 17 inci di kisaran Rp5,8 juta sampai Rp6 juta, ring 18 inci RP7,5 jutaan, lalu ukuran 20 inci Rp11,5 juta. Harga ini satu set ya, empat pelek," paparnya.