Ban Tertusuk Paku, Cabut atau Biarkan?

Ban kena paku.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Masalah paling umum yang terjadi pada ban sepeda motor, adalah kempis atau kehilangan tekanan angin. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Salah satunya, akibat tertusuk paku atau benda tajam lain yang banyak berserakan di jalan. Entah disebabkan jatuh dari kendaraan lain, atau memang sengaja disebar untuk meraup keuntungan.

Tidak jarang, ban kempis di lokasi yang cukup jauh dari tukang tambal. Satu-satunya solusi, adalah dengan membawa sepeda motor dengan cara mendorongnya.

Dilansir dari laman Corsatire, Senin 27 Januari 2020, sebelum membawa motor ke bengkel terdekat, ada beberapa tips yang perlu diketahui. Meski sederhana, namun tips ini dapat meminimalkan kerusakan.

Baca juga: Mulai Bersinar, Ini Daftar Harga Mobil Merek China per Januari 2020

Pertama, periksa kondisi ban. Jika karet yang digunakan berjenis biasa dan masih memakai ban dalam, segera cabut paku atau benda tajam yang menempel. Hal itu perlu dilakukan, karena jika dibiarkan bisa merusak bagian ban lainnya.

Jika ban motor kamu berjenis tubeless, biarkan benda tersebut menancap. Jika dicabut, nanti montir akan bingung mencari mana lubang yang perlu ditambal.

Hal lain yang perlu dilakukan pada motor yang memakai ban dalam, yakni buka baut pengunci pentil. Setelah itu, dorong pentil ke dalam pelek.

Tujuannya, agar pentil tidak robek akibat ada bagian dari ban dalam yang terlipat dan tersangkut di pelek. Jangan lupa, simpan baut di tempat yang aman, karena nanti akan digunakan kembali.