Cara Mudah Nyalakan Mesin Motor Usai Kehabisan Bensin

Petugas mengisi premium ke dalam sepeda motor di salah satu SPBU di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Banyak alasan mengapa pengendara membiarkan tangki bahan bakar sepeda motornya tidak terisi. Mulai dari lupa, hingga belum memiliki uang untuk mengisinya.

Jika kendaraan terus digunakan dalam kondisi tersebut, maka risikonya bisa mogok di jalan karena kehabisan bensin. Untungnya, di Indonesia banyak pedagang bensin eceran yang bisa jadi penyelamat di saat susah.

Sesudah bensin diisi ke tangki, mesin pun dinyalakan. Tapi, kadang-kadang ada motor yang mesinnya susah untuk hidup, meski sudah ada bahan bakar di tangki.

Lalu, apakah tangki harus diisi hingga penuh baru mesin bisa menyala?

Baca juga: Sama-sama Honda, Motor Ini Mirip ADV 150 tapi Lebih Murah

Kepala Bengkel Astra Honda Authorized Service Station Todo Stanley 7424 Depok, Stanley Sibuea mengatakan bahwa hal itu tidak perlu dilakukan.

Ia menjelaskan, pada motor yang sudah menggunakan sistem injeksi, seharusnya mesin bisa langsung hidup usai ada bahan bakar mengalir ke pompa bensin

“Begitu kontak on, pompa akan otomatis mendorong bensin ke mesin. Bisa langsung hidup mesinnya,” ujarnya kepada VIVA, Jumat 31 Januari 2020.

Stanley mengungkapkan, masalah mesin susah hidup biasanya terjadi pada motor yang masih menggunakan sistem pengabutan karburator.

“Kalau karburator, engkol 5-10 kali sambil tuas choke diaktifkan (kalau ada). Lalu, putar kunci kontak ke on dan hidupkan mesin,” tuturnya.

Stanley memastikan, motor tidak akan rusak apabila kehabisan bahan bakar. Yang ada, komputer akan mematikan semua perangkat kelistrikan penunjang mesin, termasuk pompa.

“Pompa motor Honda itu ada sensornya. Kalau tidak ada bensin yang mengalir, otomatis pompa akan mati. Jadi, enggak mungkin overheat,” jelasnya.