Cara Mudah dan Gratis Bikin Kaca Helm Kusam Jadi Kinclong

Ilustrasi kaca helm.
Sumber :
  • Dok: Heltic 3 in 1.

VIVA – Banyak hal yang perlu disiapkan oleh para pengendara motor, ketika musim hujan tiba. Mulai dari memeriksa kondisi kendaraan, hingga menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap kering selama berkendara.

Hal lain yang tidak kalah penting, adalah menjaga agar pandangan selalu jernih. Itu bakal sulit dilakukan, jika kaca helm yang dikenakan kondisinya kusam dan buram.

Kondisi seperti itu terjadi, karena adanya penumpukan kotoran pada plastik bening yang fungsinya melindungi mata dan muka itu. Biasanya, debu dan minyak akan menempel jika kaca tidak dibersihkan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk membuatnya kembali kinclong, ternyata caranya tidak sudah. Dilansir dari laman Federaloil, Selasa 18 Februari 2020, yang perlu kamu siapkan hanya air, sabun untuk mencuci piring dan lap bersih.

Pertama, lepas kaca dari helm untuk memudahkan proses pembersihan. Beberapa kaca bisa dilepas mudah tanpa menggunakan alat, contohnya pada alat pelindung kepala impor yang harganya mahal.

Bawa kaca ke dapur atau kamar mandi, dan guyur dengan air bersih. Ini dilakukan, untuk membuang semua butiran debu kasar yang menempel.

Lanjutkan dengan memberikan sabun pada kaca. Selain memakai busa, kamu juga dapat melakukannya dengan tangan. Lakukan itu pada bagian luar dan dalam kaca, gosok bagian yang terlihat buram akibat tebalnya kotoran.

Kemudian, bilas lagi dengan air bersih. Coba lihat, apakah masih ada bagian yang buram atau kusam karena kotoran. Ulangi jika perlu, hingga kaca benar-benar bersih.

Lap dengan kain bersih, akan lebih baik jika kamu menggunakan microfiber yang bahannya sangat halus. Ingat, meski kain itu lembut, namun kaca masih bisa tergores apabila ada debu yang menempel di lap.