Alur di Telapak Ban Mobil Ternyata Punya Peran Penting Lho

Ilustrasi alur pada telapak ban mobil
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Ban menjadi komponen penting di kendaraan bermotor. Sebab, karet bundar itu selain bertugas menopang kendaraan, juga menunjang kenyamanan dan keamanan ketika mengemudi di jalan raya.

Tyre Designer Dunlop,  Kubo Hokuto mengatakan, ban sangat mempengaruhi kondisi mobil ketika dikemudikan. Oleh sebab itu, pabrikan merancangnya sedemikian rupa agar ban tetap fungsional, namun bisa mendukung kenyamanannya.

"Dengan ban yang bagus, bisa meredam getaran dari jalanan hingga 15 persen," ujarnya saat melakukan feeling test di Sirkuit Meikarta, Cikarang, Kamis 20 Februari 2020.

Salah satu faktor yang bisa mendukung kenyamanan, kata dia adalah desain alur pada telapak ban tersebut. Sebagai contoh, kata Kubo, pada ban Dunlop SP Sport LM705 memiliki empat alur.

Baca juga: Daihatsu Siapkan Sesuatu yang Baru Bagi Penyuka Terios

Tiga alur di bagian dalam dibuat sama ukurannya, sementara yang paling luar dibuat lebih kecil. Hal ini untuk bisa meredam noise dari ban sehingga jadi lebih kedap suara yang didengar dalam kabin.

“Sementara alur itu lebih besar untuk membuang air, dan jumlahnya sampai tiga. Alur ini ada di bagian dalam, supaya suaranya tidak bising," paparnya.

Mengingat perannya yang penting untuk mengalirkan air, Manager Trainning PT Sumi Rubber Indonesia, Bambang Hermanuhadi mengatakan, pemilik sebaiknya memperhatikan kondisi alur telapak.

Salah satunya, untuk mencungkil kerikil yang menyangkut di alur-alur ban tersebut. Kerikil yang menyangkut di ban, kata dia, akan mempengaruhi usia pakai alas kaki dari mobil yang dikemudikan.

"Performa sih enggak pengaruh, tetapi umur pakai dan risiko kerusakannya bisa terpengaruh. Batu menempel di bagian alur, lama-lama tertekan masuk ke dalam dan bisa melukai bannya. Jadi, sebisa mungkin dicungkil," paparnya