Keren, Ban Ini Bisa Bikin Mobil Melayang di Udara

Ban konsep dari Goodyear
Sumber :
  • Goodyear

VIVA – Pameran Geneva International Motor Show masih menjadi magnet bagi produsen otomotif, untuk mengenalkan produk canggih mereka. Selain pabrikan mobil dan sepeda motor, beberapa perusahaan komponen juga turut serta, termasuk Goodyear.

Dilansir dari laman resmi mereka, Rabu 6 Maret 2019, pabrikan ban asal Amerika Serikat itu memiliki produk purwarupa unik, yang diklaim bisa membuat mobil melayang di udara.

Ban canggih yang dinamakan Goodyear Aero itu menyimpan dua fungsi utama, yaitu sebagai penggerak sekaligus baling-baling. Ban ini bisa disematkan jari-jari berbilah, yang betindak sebagai kipas.

Cara kerjanya cukup sederhana. Posisi roda akan berputar, sehingga jari-jarinya menghadap permukaan jalan. Ketika baling-baling mulai berputar, mobil akan terdorong ke atas.

Chief Technology Officer Goodyear Tire, Chris Helsel menyatakan, tujuan dibuatnya ban tersebut adalah untuk menggiatkan diskusi mengenai kendaraan terbang.

“Pengalaman kami di bidang pembuatan ban, membuat kami membayangkan, bagaimana bila ban memiliki fungsi ganda. Selain untuk melaju di jalan, bisa juga berfungsi sebagai penggerak di udara,” katanya.

Namun, sebelum ban Aero ini resmi dipamerkan, ternyata Goodyear telah mendapat banyak kritikan. Salah satunya dari Profesor Teknik Mesin di Universitas San Diego, Daniel Codd.

Ia mengatakan, penerbangan dengan baling-baling hibrida tak akan berhasil. Sebab, daya angin yang dihasilkan tak bisa menahan mobil agar tetap di udara dalam jangka waktu lama. (re2)