Malas Hadapi Birokrasi, Pria Ini Bikin Sendiri Surat Izin Mengemudi

SIM buatan sendiri
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Untuk berkendara di jalan raya, seseorang harus memiliki Surat Izin Mengemudi. Hal ini berlaku di semua negara, termasuk China.

Untuk mendapatkannya, Anda harus melewati tes kesehatan, ujian teori dan ujian praktik. Rupanya, hal itu dianggap merepotkan oleh seorang warga di Negeri Tirai Bambu bermarga Tang.

Dilansir dari Autoevolution, Kamis 4 April 2019, Tang ditilang polisi saat mengendarai motor di kota Liuzhou. Saat menunjukkan SIM, pria itu menjadi viral di media sosial itu membuat kaget petugas.

Pria paruh baya tersebut mengaku, terlalu malas datang ke tempat pembuatan SIM. Bagi Tang, untuk mendapatkan lisensi berkendara yang asli terlalu rumit. Dari situlah muncul ide untuk membuat sendiri, meski secara bentuk tidak rapi.

Tang menulis sendiri data pribadi di secarik kertas. Tak lupa, ia menempelkan foto. Kertas tersebut kemudian diselipkan ke dompet SIM yang dijual bebas di negaranya.

"Saya tidak berharap polisi lalu lintas begitu serius," ujar Tang kepada petugas.

“Saya telah menjadi perwira polisi selama bertahun-tahun, tetapi saya belum pernah melihat SIM seperti ini. Sangat lucu," tutur polisi yang bertugas.

Sepeda motor Tang pun disita polisi. Dia diperintahkan melapor ke departemen lalu lintas, dan membayar denda atas pelanggaran yang dibuatnya. (yns)