Terkuak, Alasan Mobil Batman Dipajang di IIMS 2019

Replika Batmobile dipajang di IIMS 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Banyak hal menarik di pameran Indonesia International Motor Show 2019. Salah satunya, mobil dari karakter Batman, hasil garapan bengkel LA Custom, Jakarta.

Penanggung jawab Batmobile dari Dyandra Promosindo, Andry mengatakan, mobil ini hampir semuanya dibuat oleh bengkel LA Custom. Mulai dari bodi, penyesuasian kaki-kaki, mesin, hingga interior.

"LA Custom garap 90 persen di proses kedua, selama tujuh bulan. Sasis kami sudah punya, pakai Chevrolet Corvette C3 1986, dan kami panjangkan lagi," ujarnya kepada VIVA di Jakarta, Senin 29 April 2019.

Andry mengatakan, Batmobile itu milik Dyandra sebagai penyelenggara IIMS. Alasan mobil tersebut yang dipilih untuk dipajang, karena menurutnya superhero yang identik dengan unsur otomotif hanya Batman.

"Terinspirasi mobil Batman di 1989, dan 1990 film Batman Returns. Menurut kami, Batman itu ikonik, terutama dari segi otomotifnya. Hampir setiap superhero yang munculnya pakai kendaraan, hanya Batman," tuturnya.

Proses yang paling sulit adalah membuat bodi, agar mirip aslinya. Bahan dasarnya fiberglass, dan terlebih dulu dibuat cetakannya. Tapi, beberapa kali gagal, karena masih tidak mirip dengan mobil Batman yang dimaksud.

"Mesinnya masih pakai Corvette, sekitar 5.200 cc. Enggak ada tambahan turbocharger. Pakai penggerak belakang, mesin tetap di depan," jelasnya.

"Kecepatan maksimal belum kami coba juga di jalan raya. Mesin standar Corvette, dengan tenaga 177 daya kuda. Setir masih aslinya Corvette, karena kalau diubah ke kanan banyak lagi yang diubah," kata dia.