Dipajang di IIMS 2019, Kendaraan Ini Bisa Mengapung di Air

Pameran kapal di IIMS 2019
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Pameran otomotif umumnya diramaikan oleh produk baru, dari merek mobil maupun sepeda motor. Namun, jika datang ke pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2019, pengunjung akan menemukan sesuatu yangberbeda. 

Di pameran IIMS tahun ini, untuk pertama kalinya diadakan Indonesia Boating Gathering. Jajaran motor boat, kapal layar, dan personal water craft serta mesin-mesin penggeraknya, ikut dipajang di Hall B3 JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Salah seorang staf di stan BRP Indonesia mengatakan, jajaran produk yang bisa dilihat oleh pengunjung mulai dari jetski untuk pemula, hingga kapal motor yang umum dipakai untuk berlibur di laut.

"Yang dipajang ada produk dari Sea Doo untuk pemula, untuk advance dan untuk yang profesional. Serta, Evinrude boat yang dipajang di pojokan. Yang jetski memang kami jual, kalau yang besar kami pajang," kata pria yang enggan dicantumkan namanya itu kepada VIVA, Kamis 2 Mei 2019. 

Ketiga produk tersebut, kata dia, memiliki harga dan spesifikasi yang berbeda sesuai dengan keperluannya. Untuk Sea-Doo Spark ditawarkan seharga Rp150 juta, model GTI seharga Rp175 juta, dan Fish Pro 155 dengan kisaran Rp300 jutaan. 

Untuk mesin, Suzuki tidak ketinggalan ambil bagian. Pabrikan asal Jepang yang dikenal dengan produk mobil Ertiga dan sepeda motor GSX-R 150 itu memajang beberapa mesin tempel atau on board motor (OBM).

Diberi label Suzuki Marine, mereka memiliki 30 model OBM, yang terdiri dari 27 motor empat tak dan tiga dua tak. Harga jualnya mulai dari Rp8 jutaan untuk yang memiliki performa 15 Paar den Kraft atau daya kuda, hingga ratusan juta rupiah untuk model 325 dk.