Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 29 Mei 2019 | 14:08 WIB

Unik, Ritual Khusus Motor Cegah Setan Ikut Bonceng

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Septian Farhan Nurhuda
Foto :
  • 100kpj
Motor baru dibawa ke kuil

VIVA – Saat menempati rumah baru, hal pertama yang dilakukan pemilik adalah menggelar syukuran. Gunanya, untuk menghindari hal negatif dan berterima kasih pada Tuhan atas rezeki yang didapatkan.

Namun ternyata, rumah bukan satu-satunya harta yang mendapat perlakuan seperti itu. Di Thailand, ada tradisi serupa yang digelar untuk kendaraan bermotor roda dua.

Baca Juga

Dilansir dari 100kpj, Rabu 29 Mei 2019, sepeda motor yang baru dibeli akan dibawa ke kuil, untuk melalui serangkaian ritual panjang. Seorang biksu akan menyipratkan sepeda motor dengan air suci, melukis pola menggunakan cairan berwarna putih, kemudian mengakhirinya dengan doa.

Tradisi itu merupakan ritual lama, yang dikenalkan oleh pemeluk Buddha di kawasan Thailand. Tujuannya, untuk menghalangi roh jahat ikut membonceng. Beberapa warga Negeri Gajah Putih percaya, mahluk halus menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan di jalan.

Terpopuler

Saking terkenalnya ritual tersebut, beberapa turis juga membawa sepeda motor yang mereka kendarai ke kuil yang banyak tersebar di Thailand. Meski, kuda besi tersebut bukan dalam kondisi baru dan statusnya hanya sewaan.

Tak hanya sepeda motor, upacara itu ternyata juga dilakukan pada berbagai jenis kendaraan, mulai dari mobil, traktor hingga bus. (ase)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Halo Jogja! Om Pablo Jalan-jalan ke Kustomfest 2018
OTOMOTIF - 11 bulan lalu