Ini Dia Kecelakaan Mobil Pertama di Dunia

Ilustrasi mobil klasik
Sumber :

VIVA – Setiap hari, kecelakaan lalu lintas terjadi di seluruh dunia. Penyebabnya banyak hal, mulai dari keteledoran pengemudi hingga tidak laiknya kendaraan yang digunakan.

Bahkan, kecelakaan juga menjadi salah satu penyumbang terbesar angka kematian. Di Indonesia, pengendara sepeda motor menjadi yang paling banyak mengalaminya.

Bicara soal musibah yang terjadi di jalan raya, tahukah Anda kapan pertama kali kecelakaan terjadi di dunia?

Dilansir dari Mentalfloss, Senin 10 Juni 2019, mobil bertenaga uap yang dikendarai oleh ilmuwan asal Irlandia, Mary Ward hilang kendali saat sedang mengitari tikungan. Akibatnya, ia terlempar dari mobil.

Tak hanya itu. Pada peristiwa yang terjadi di 1869 itu, salah satu roda kendaraan tersebut lepas dari as dan meluncur ke arah Mary, hingga mengenai lehernya. Ia pun tewas di lokasi kejadian. Kasus tersebut menjadi kecelakaan pertama yang dialami oleh pengemudi mobil.

22 Tahun kemudian, insinyur bernama James Lambert mengendarai mobil jenis buggy dengan mesin bensin. Karena meluncur terlalu kencang, James tidak bisa menguasai arah mobil, hingga akhirnya menabrak pohon. Untung, ia hanya mengalami luka ringan.

Sementara itu, diketahui bahwa pejalan kaki pertama yang mengalami kecelakaan terjadi pada 1899 di Amerika Serikat. Ia ditabrak oleh mobil yang menggunakan mesin berbahan bakar gas. Kecepatan mobil saat itu 6 kilometer per jam.

Laporan Chalilka Putra/Jakarta