Enggak Cuma Kalian, Hitler Juga Pernah Ajukan Kredit Mobil

Hitler.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat ini, membeli kendaraan dengan sistem kredit sangat mudah. Banyak perusahaan pembiayaan, yang menyediakan layanan tersebut. Berbeda dengan zaman dulu, di mana konsumen harus berutang, jika tidak memiliki uang cukup untuk membeli mobil.

Hal itu bahkan pernah dilakukan seorang tokoh asal Jerman, Adolf Hitler. Pria yang dikenal sebagai pemimpin Partai Nazi tersebut, ternyata pernah mengajukan utang ke diler Mercedes-Benz.

Dilansir dari Telegraph, Selasa 18 Juni 2019, pada 1924 Hitler menulis surat ke salah satu diler Mercedes-Benz, saat ia tengah ditahan di penjara Landsberg akibat berusaha melakukan kudeta.

Selama ditahan, ia menulis buku yang kemudian menjadi terkenal, yakni Mein Kampf. Namun, saat itu ia belum menerima royalti dari karyanya. Sementara, Hitler terpukau dengan Mercedes-Benz tipe 11/40 berkelir abu-abu yang dibekali ban bercorak putih.

Saat itu juga, ia memutuskan bahwa mobil tersebut akan menjadi kendaraan pertama yang ia beli. Sayangnya, Hitler tidak memiliki cukup uang. Itu sebabnya, dalam surat ia meminta manajer diler untuk memberi pinjaman.

Tak hanya itu, pria yang bertanggung jawab atas pembantaian jutaan kaum Yahudi tersebut juga mengaku, bahwa ia tidak mampu membayar untuk biaya servis dan perawatan, seandainya manajer mau memberi pinjaman.

Usai Perang Dunia II, surat tersebut ditemukan dan sudah disahkan keasliannya oleh pakar. Tidak disebutkan, apakah Hitler jadi mendapat pinjaman atau tidak.