Ditawar Rp1 Miliar, Harga Beli Opelet Si Doel Bikin Melongo

Opelet yang digunakan di sinetron Si Doel Anak Sekolahan
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Puluhan tahun lalu, opelet pernah menjadi angkutan umum penumpang yang populer di Ibu Kota. Kini, mobil dengan bentuk khas tersebut sudah tidak lagi terlihat wara-wiri di jalanan Jakarta. 

Kendaraan yang aslinya adalah Morris Minor tersebut dikoleksi oleh aktor Rano Karno. Dia mengatakan, memiliki opelet adalah mimpinya yang bisa terwujud. Sebab, saat masih berstatus pelajar, dirinya tidak memiliki uang untuk menaiki mobil dengan wujud unik tersebut. 

"Setiap jalan ke sekolah, opelet cuma bisa jadi pandangan. Jadi mimpi, kapan gue bisa naik opelet. Nah, begitu kami bikin Si Doel, perintah ane ke Art Director, cari opelet," ujarnya dalam video yang diunggah oleh akun Gofar Hilman di Youtube, dilansir Senin 1 Juli 2019.

Dikatakan Rano, opelet yang tampil di film Si Doel itu dibeli dengan harga Rp525 ribu. Hanya saja, kondisinya tidak laik jalan. Saat menjadi bagian dari properti pembuatan film, mobil dibiarkan apa adanya, untuk penguat cerita. Setelah itu, mantan Gubernur Banten tersebut mulai melakukan restorasi.

"Ini Morris Minor buatan tahun 1957. Mesinnya agak unik nih, karena beli dari mobil yang tabrakan di Surabaya, 1.600cc. Luarnya, ane tetap pakai yang lama. Mesinnya tahun 2013, MINI Cooper yang baru," tuturnya.

Bagian paling menarik dari cerita pria yang identik dengan karakter Doel itu adalah, opelet yang dirawatnya pernah ditawar Rp1 miliar. Meski demikian, Rano mengaku tidak tertarik melepasnya.

"Gue kata, ini orang mabuk, pernah menawar sampai Rp1 miliar. Dia bilang, 'Doel, kalau gue tawar pasti enggak lo kasih. Tapi kalau lo mau jual, gue kasih Rp1 miliar.’ Gue bilang, 'enggak deh, ini masih gue pakai'," ungkapnya.

(ren)