Enggak Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Lampu Sein Bunyi Tik-tik

Tuas lampu sein
Sumber :
  • Wtop

VIVA – Agar bisa laik jalan, setiap kendaraan wajib dibekali dengan sejumlah komponen. Salah satunya, lampu penunjuk ketika hendak berbelok, atau biasa disebut dengan istilah sein.

Ketika hendak berbelok atau memutar arah, pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor wajib menyalakan tampu tersebut, sesuai dengan arah yang hendak dituju.

Ketika lampu sein aktif, maka akan terdengar suara ‘tik-tik, selain dari kedipan indikator pada panel instrumen. Nah, tahukah Anda dari mana suara itu berasal?

Dilansir dari Jalopnik, Jumat 5 Juli 2019, seorang ilmuwan bernama Joseph Bell pada akhir 1930 menciptakan lampu yang bisa berkedip. Kemudian, di 1939 pabrikan mobil Buick menerapkan lampu sein di hampir semua model yang mereka jual.

10 Tahun kemudian, lampu sein menjadi salah satu komponen yang wajib dipasang pada semua kendaraan, baik mobil, sepeda motor maupun truk dan bus.

Untuk bisa berkedip, lampu zaman dulu dibekali dengan peranti bernama flasher. Cara kerjanya, adalah dengan memanfaatkan logam yang bisa melengkung saat terpapar panas. Ketika melengkung, maka logam tersebut mengalirkan listrik ke lampu, lalu kembali ke posisi semula dalam waktu satu detik.

Lampu sein pada kendaraan modern juga dilengkapi dengan flasher. Hanya, cara kerjanya sudah berbasis elektromagnet. Meski sudah diciptakan lampu sein yang berkedip tanpa suara, namun bunyi ‘tik-tik’ tetap dipertahankan, sebagai pengingat kepada pengemudi. (kwo)