Sutopo Punya Kisah Unik tentang Kunci Sepeda Motor

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Istana Bogor, Jumat, 5 Oktober 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA – Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengembuskan nafas terakhir, saat dirawat di Guangzhou, China. Ia diketahui menderita penyakit kanker paru, sejak akhir 2017.

Semasa hidupnya, pria yang akrab disapa Sutopo itu menjadi garda terdepan untuk menyampaikan informasi terkait bencana alam di Tanah Air, hingga proses penanganannya.

Informasi yang almarhum berikan semasa hidupnya, mulai dari hasil wawancara, sampai perkembangan penanganan bencana itu sendiri. Selain kepada awak media, pria lulusan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta itu juga kerap mengunggahnya di media sosial.

Tidak melulu soal bencana, unggahan di media sosialnya pun cukup beragam. Salah satu yang menarik, saat dia menginformasikan ada warga yang kehilangan kunci sepeda motor. 

Sutopo mengunggah foto, yang memperlihatkan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah sedang bekerja. Tugas yang dilakukan bukan terkait longsor atau banjir, melainkan memberi bantuan untuk pemudik yang kehilangan kunci sepeda motor matiknya.

"Kunci sepeda motor hilang pun lapornya BPBD Kabupaten Kudus," tulisnya di Twitter @Sutopo_PN, dilansir Minggu 7 Juli 2019.

Sutopo menceritakan, setelah mendapat informasi, petugas BPBD kemudian membantu pemudik mencari kunci sepeda motor tersebut. "Alhamdulillah ketemu," tulis Sutopo. 

Sebagai informasi, saat ini jenazah Sutopo sedang dalam perjalanan ke Indonesia. Pemakaman akan dilakukan di Boyolali, Jawa Tengah.