Takut Dibegal, Emak-emak Bikin Kerangkeng di Kabin Mobil

Ibu-ibu pasang kerangkeng di mobil untuk cegah begal
Sumber :
  • screenshot Twitter @FrankyPaulus86

VIVA – Aksi emak-emak di jalanan memang selalu mengundang decak kagum. Sebab, banyak hal tak biasa yang dilakukan atau diterapkannya, saat berkendara di jalan raya. Salah satu contohnya yang terjadi di Palembang, Sumatera Selatan.

Perempuan bernama Valeri asal Palembang, memiliki ide tak biasa untuk melindungi dirinya saat mengemudi. Profesinya sebagai pengemudi taksi online memang memiliki risiko tinggi, menjadi korban tindak kriminal, mulai dari perampokan bahkan pembunuhan.

Sehingga Dirinya berinisiatif membuat 'kerangkeng' di dalam kabin mobil keluarga, yang dipakainya sehari-hari. Kabin mobilnya yang sudah tidak lagi standar itu, Valeri ceritakan melalu rekaman video, dan kemudian diunggah ke media sosial Twitter.

"Tahun 2018 itu setahu saya ada lima kali kejadian driver dirampok sekalian dibunuh. Jadi, terinspirasi dari itu, rasa takut tuh berlebihan. Saya melihat pagar di pinggir-pinggir jalan, saya pikir kalau buat kayak begini bisa aman," ujarnya seperti dikutip dari akun Twitter @FrankyPaulus86, Kamis 14 November 2019.

Baca juga: Dijual Lagi di Indonesia, KIA Andalkan Empat Produk

Kemudian, Dia mulai mendatangi tukang las besi di sekitar wilayah tinggalnya. Valeri pun menceritakan keinginannya, untuk membuat pagar besi pelindung ketika sedang bekerja menjadi supir online. Meski demikin, pagar pelindung itu, jangan sampai menggangu posisi duduk penumpangnya.

"Kata Tukang Lasnya bisa, saya langung buatlah. Untuk buat besi pelindung ini habis modal kurang lebih Rp700 ribu. Tetapi ini juga belum selesai semuanya. Mau dilapisi kaca akrilik rencananya," tutur Valeri.

Dia mengatakan, mendapat masukan untuk memakai besi plat pelindung tambahan untuk memastikannya tetap terjaga. Namun, cara ini urung dilakukan karena dirasa kurang nyaman. Valeri pun lebih memilih menggunakan bahan akrilik agar tidak menggangu kenyamanan penumpangnya.

"Memang masih agak terbuka besinya. Tetapi orang enggak leluasa, ya minimal bisa mencegah orang jahat untuk cepat. Bagian belakang besi ini sudah pakai akrilik, jadi kalau mau tusuk dari belakang tidak bisa," ucapnya.