Andi Arief Cuit Isu Surat Suara Dicoblos, KPU Cek Langsung ke Lokasi

Cuit Andi Arief di twitter sebelum dihapus.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengecek langsung ke lapangan soal benar atau tidaknya isu tujuh kontainer surat suara yang dicoblos di Tanjung Priok. Hal ini merespons cuitan Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief, di twitter terkait hal tersebut. 

"Mohon dicek kabarnya ada 7 kontainer surat suara yang sudah dicoblos di Tanjung Priok. Supaya tidak fitnah harap dicek kebenarannya, karena ini kabar sudah beredar," cuit Andi Arief melalui akun @AndiArief_ pukul 20.05 malam ini, Rabu 2 Januari 2019. 

Pantauan VIVA, cuitan Andi Arief sudah dihapus saat berita ini diturunkan. Namun, sejumlah awak media berhasil mengabadikan tangkapan layar cuitan Andi Arief tersebut. 

KPU pun mengajak sejumlah media untuk langsung mengecek ke lokasi, berangkat sekitar pukul 22.15 WIB. Ketua KPU, Arief Budiman, akan langsung melakukan sidak ke lapangan. 

Komisioner KPU, Hasyim Asyari, mengatakan, sebetulnya untuk proses cetak surat suara saja belum dimulai karena masih dalam proses lelang. 

"Proses pencetakan surat suara itu masih dalam proses lelang. Kalau sudah ada yang dicetak, surat suaranya siapa?" katanya. 

Menurutnya jika benar itu terjadi, seharusnya langsung dilaporkan ke pihak berwajib atau polisi. "Dan kalau seperti ini, lapor aja ke Bawaslu sama polisi. Dan ditunjukkan di mana kontainer itu supaya bisa ditelusuri," ujarnya.