TKN Jelaskan Makna Foto Jokowi-Ma'ruf di Surat Suara

Sekretaris tim pemenangan Jokowi-Maruf Amin, Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA/Eduward

VIVA – Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menjelaskan maksud tampilan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang mereka usung dalam kertas suara.

Menurut Hasto, foto yang menampilkan keduanya memakai peci, baju koko berwarna putih menunjukkan kepribadian masing-masing.

"Jadi foto ini juga mencerminkan bagaimana Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf ini kan putih dan di sana hitam, bajunya ya," kata Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis 3 Januari 2019.

Hasto mengatakan, identitas ulama Ma'ruf tak hilang dalam tampilan foto. Jokowi dan Ma'ruf pun disebut menampilkan kepemimpinan nasionalis dan religius. 

"Itu mencermikan ke-Indonesia-an kita," kata dia. 

Sebelumnya, foto Jokowi-Ma'ruf untuk surat suara Pilpres 2019 dirilis oleh anggota Dewan Pengarah TKN yang juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Lewat akun Instagram pribadinya yang sudah terverifikasi alias centang biru, foto yang diunggah Pramono, tampak Jokowi dan Ma'ruf Amin mengenakan baju koko berwarna putih, berpeci hitam. Berbeda dengan Jokowi, Ma'ruf terlihat memakai serban yang diletakkan di lehernya.

"Alhamdulillah foto ini yg akan digunakan pasangan no 01 di kertas suara #jokowibersamaulama #kerjakerja."