Pendukung Jokowi dan Prabowo di Bali Gelar Nobar Debat Capres

Petugas keamanan melintas di dekat spanduk yang dipersiapkan untuk debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Debat putaran pertama Pemilihan Presiden (Pilpres) digelar malam nanti, Kamis 17 Januari 2019. Pendukung kedua kubu di Bali menyambut antusias debat perdana Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi. Mereka menggelar nonton bersama (nobar) dengan melibatkan jumlah massa besar.

Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin Provinsi Bali, IGN Alit Kesuma Kelakan menjelaskan, anggota partai koalisi, relawan dan simpatisan akan berkumpul GOR Segara Perancak, Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Kabupaten Badung.

“Seluruh tim kampanye, kader partai dan relawan akan menggelar nobar di GOR Segara Perancak. Ada sekitar empat ribu orang yang akan hadir,” kata Alit Kelakan, Kamis 17 Januari 2019.

Selain nobar, acara juga akan dimeriahkan dengan pasar rakyat dan sejumlah hiburan yang dimulai pukul 18.00 WITA. Sementara itu, ia menilai ada dua hal penting dalam debat yang akan dilangsungkan malam nanti.

Pertama, debat kandidat Pilpres 2019 merupakan cermin demokrasi partisipatoris, di mana masyarakat bisa melihat langsung visi, misi dan program kerja masing-masing kandidat.

“Kedua, ini bentuk edukasi politik. Masyarakat melihat secara langsung program yang diusung dan realisasi keberhasilan yang telah dicapai Pak Jokowi,” tuturnya.

Selain itu, Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandi Kota Denpasar, Made Muliawan Arya alias De Gadjah menegaskan juga akan menggelar nonton bareng debat kandidat yang dipusatkan Posko Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi di Jalan Kapten Tantutal, Gang Kehutanan, Renon, Denpasar.

“Kita ada nobar atas permintaan kader dan simpatisan. Acara diselenggarakan di Kantor DPD Partai Gerindra. Karena lokasinya di Denpasar, maka kader dan relawan di seputaran Denpasar akan hadir. Jumlahnya sekitar ratusan,” kata De Gadjah.

Soal materi debat, De Gadjah tak khawatir dengan Prabowo-Sandi. “Saya yakin terhadap Prabowo-Sandi. Kualitas beliau sebagai putra terbaik bangsa bisa mengungguli Jokowi-Ma’ruf Amin,” katanya.

Ia juga percaya debat akan meningkatkan elektabilitas Prabowo-Sandi, khususnya di Bali. Saat ini, De Gadjah melanjutkan, meski Bali sebagai basis Jokowi-Ma’ruf Amin, namun semakin hari dukungan terhadap Prabowo-Sandi tak terbendung.

“Elektabilitas Prabowo-Sandi semakin hari semakin meningkat, utamanya di Bali, di mana kita tahu Bali ini merupakan basis Jokowi-Ma’ruf Amin. Setiap harinya muncul silent lovers Prabowo-Sandi dan semakin banyak yang menjatuhkan pilihan kepadanya. Semoga bisa mengimbangi dan melebihi suara yang kita capai pada Pilpres 2014 lalu,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar ini. (ase)