Megawati Isi Kampanye dengan Saksikan Panen Raya Padi di Indramayu 

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, di Cirebon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengisi kegiatan kampanye terbukanya dengan menghadiri panen raya padi varietas MSP di Desa Majakerta, Indramayu, Jawa Barat. 

Panen padi perdana ini secara simbolik dilakukan oleh Megawati bersama lebih dari 100 petani. Dalam kesempatan itu, Megawati memuji padi benih MSP yang diinisasi oleh seorang petani bernama Surono Danu.

Pria paruh baya itu cukup lama dikenal Megawati, sejak partai yang dipimpinnnya bernama Partai Demokrasi Indonesia. 

"Pertama, saya kenal beliau (Surono) dari Lampung, dan mengatakan pada saya ibu sebetulnya jenis padi di Indonesia ini banyak sekali," kata Megawati menceritakan percakapannya dengan Surono saat menyampaikan sambutan, Kamis 4 April 2019

Dalam kesempatan itu, Surono menyampaikan, keunggulan padi MSP. Sejumlah wilayah disebutkan olehnya telah menggunakan benih yang ia sudah uji secara kualitas berdasarkan penelitian panjang.

Ia juga menyinggung Rakornas PDIP 2017 lalu, yang mana Megawati, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden ke-3 BJ Habibie, secara bersama menumbuk padi saat prosesi acara. 

Simbol itu dimaknakan, bangkitnya padi lokal kembali. "Dan, ini tetap saya katakan padi MSP padi unggul lokal. Jadi, bisa ditanam berulang," kata dia.

Seperti diketahui, kampanye terbuka yang dilakukan Megawati saat ini akan diisi bertema lingkungan. 

Rencananya esok hari, Jokowi akan ikut berkampanye di Cirebon, bertemu dengan para nelayan. (asp)