TKN: Jokowi-Ma'ruf Unggul di Luar Negeri kecuali Suriah-Mesir

Presiden Jokowi dan KH Maruf Amin jalani tes kesehatan.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menyampaikan bahwa pasangan capres-cawapres bernomor urut 01 itu sejauh ini unggul dalam rekapitulasi suara Pilpres 2019 di luar negeri versi real count TKN.

Menurut Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy, paslon petahana itu sejauh ini ditemukan cuma tak unggul di dua negara yang dikenal konservatif seperti Mesir dan juga Suriah.

"Hampir di semua negara (Jokowi-Ma'ruf unggul) kecuali di Mesir kecuali di Suriah," ujar Lukman di "war room" TKN, Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan, Jumat, 26 April 2019.

Adapun, data "war room" TKN menunjukkan perolehan suara Jokowi-Ma'ruf di luar negeri adalah 72,94 persen. Sementara paslon bernomor urut 02 Prabowo-Sandi meraih 27,6 persen. Lukman yang juga Politikus PKB ini mengemukakan, data yang telah masuk sendiri saat ini 57,2 persen.

"Kami masih menunggu beberapa data lagi dari Malaysia dari Hong Kong untuk sampai 100 persen," ujar Lukman.

Lukman mengungkapkan, TKN bersyukur atas proyeksi kemenangan Jokowi-Ma'ruf di luar negeri. Hal itu menunjukkan kaum diaspora Indonesia menaruh harapan kepada Jokowi-Ma'ruf untuk menjadi kepala negara periode 2019-2024.

"Para perantau di luar negeri pasti terus memantau perkembangan dari luar negeri termasuk berbagai macam informasi hoaks yang beredar selama masa kampanye. Pada akhirnya mereka menentukan pemikirannya untuk memilih Jokowi-Ma'ruf," ujar Lukman.