Hanura Cibir soal Kejayaan Orde Baru: Swasembada Pangan Kamuflase

sorot kampanye hanura 2014 - Kampanye Partai Hanura di Bali.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Parta Hanura mencibir jargon Partai Berkarya yang ingin mengembalikan kejayaan Orde Baru bila Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memenangi pemilu presiden 2019. 

Hanura mencontohkan satu sektor yang dianggap keberhasilan rezim Orde Baru di bawah kepemimpinan presiden Soeharto, yaitu swasembada pangan. Padahal faktanya, menurut Hanura, swasembada itu sesungguhnya kamuflase belaka.

"Program Soeharto yang mana? Swasembada pangan yang ternyata kamuflase doang?" kata Ketua Fraksi Partai Hanura DPR RI, Inas Nasrullah Zubir, di kompleks Parlemen di Jakarta pada Kamis, 22 November 2018.

Inas mempertanyakan kalau program itu yang akan ditiru Prabowo-Sandiaga. Sebab, katanya, gembar-gembor tentang swasembada pangan itu sarat manipulasi data dan kelak justru bersumbangsih pada inflasi tinggi.

Komentar Inas itu menanggapi pernyataan putri Soeharto, Titiek Soeharto, yang ingin mengembalikan kejayaan Orde Baru bila Prabowo-Sandiaga memenangi pemilu presiden. Menurut Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya itu, pada zaman Orba, Indonesia pernah swasembada pangan.