Tim Jokowi Klaim Pertumbuhan Ekonomi Sudah Menebar di Seluruh Wilayah

Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadalia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Pengusaha muda nasional, Bahlil Lahadalia, menjelaskan alasan mengapa banyak pengusaha di Indonesia mendukung Joko Widodo kembali memimpin sebagai presiden di periode kedua. Itu karena Jokowi memberi harapan untuk membangun perekonomian.

"Memang ada harapan di kepemimpinan Jokowi ini untuk ekonomi kita lebih baik," ujar Bahlil, yang juga Direktur Penggalangan Pemilih Muda Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di Jakarta, Sabtu, 1 Desember 2018.

Ia membantah kalau dianggap pengusaha mendukung Jokowi karena ada kepentingan praktis. Selama empat tahun terakhir, kata Bahlil, banyak pembangunan infrastruktur dilakukan Jokowi sebagai penunjang perekonomian Indonesia.

"Jokowi dalam membangun Indonesia selama empat tahun tidak hanya fokus satu wilayah, tapi semua wilayah dia bangun infrastruktur. Maka pertumbuhan ekonomi itu sudah menebar di seluruh wilayah," ujarnya.

Meski menjabat Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Bahlil menegaskan bahwa HIPMI bukan organisasi politik. Dukungannya adalah sikap pribadi, tanpa membawa nama Hipmi.

Mengenai sejumlah pengusaha yang mendukung Jokowi-Ma'ruf, Bahlil melihat itu lantaran banyak koleganya yang memandang pemerintahan Jokowi benar-benar membangun Indonesia. 

"Kita tahu pertumbuhan ekonomi kita itu kan hanya bertumpu pada pulau Jawa, ya, dulunya. Sekarang dengan infrastruktur, maka pertumbuhan ekonomi itu sudah menyebar di seluruh wilayah," katanya.

Infrastruktur yang dibangun pemerintah pada akhirnya menguntungkan pengusaha juga. Dari pengusaha besar sampai ke pengusaha kecil. Dunia usaha makin maju karena mudahnya akses ke berbagai tempat.

"Bohong kalau ada pengusaha yang menyatakan bahwa membangun usaha besar tanpa infrastruktur," kata Bahlil.