SBY Absen, AHY Dijadwalkan Hadiri Debat Perdana Capres

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) didampingi putranya Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) menerima kunjungan bakal calon Presiden Prabowo Subianto (kiri) di kediamannya di Kuningan, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan tak menghadiri debat perdana capres dan cawapres malam ini, Kamis 17 Januari 2019. Namun, putra SBY yang juga Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan hadir.

"Pak SBY betul confirm enggak hadir. Beliau nonton dari rumahnya saja. Tetapi, kemungkinan besar AHY hadir bersama kader-kader kami yang senior soal hukum," kata Ketua DPP Demokrat, Jansen Sitindaon, saat dihubungi VIVA, Kamis 17 Januari 2019.

Jansen menekankan, jika AHY hadir itu bukan mewakili SBY. Alasannya, baik SBY dan AHY masing-masing punya undangan langsung.

"Mas AHY itu punya undangan langsung. Dia kan Ketua Kogasma (Komandan Satuan Tugas Bersama) Demokrat. Undangan dari BPN (Badan Pemenangan Nasional) ada jelas," ujar Jansen.

Kemudian, Jansen menyebut sejumlah kader Partai Demokrat yang akan hadir dalam debat nanti malam di antaranya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsudin, Ketua DPP Benny K. Harman, dan Wakil Ketua Umum Syarief Hasan.

"Kader-kader, punggawa kami yang senior soal hukum itu yang hadir," ujar Jansen.

Partai Demokrat merupakan salah satu partai pengusung pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Selain Partai Demokrat, ada Partai Gerindra, PKS, dan PAN sebagai koalisi pengusung.

Adapun tema dalam debat perdana nanti, terkait isu penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. (asp)