Ma'ruf Amin: Saya Tidak Menambahkan Apa-apa, Saya Dukung Pak Jokowi

Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandiaga di Debat Perdana.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Di awal-awal debat perdana pilpres 2019, terlihat cawapres nomor urut 02, KH Mar'ruf Amin, belum banyak bicara untuk ikut membantu pasangannya. Belum terlihat ada penguatan yang disampaikan pada awal debat terkait dengan materi yang ditanyakan panelis.

Dari pantauan, Ma'ruf belum terdengar membantu berbicara baik saat Jokowi menyampaikan visi misi maupun saat menjawab pertanyaan panelis dan pertanyaan calon lain.

Hingga bagian kedua debat dilaksanakan, atau saat seluruh kandidat menyampaikan pemaparan mengenai masalah hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Bahkan saat pemandu debat, Ira Koesno dan Imam Priyono meminta Ma'ruf Amin membatu melengkapi pernyataan Jokowi, Ma'ruf Amin tidak menyampaikan pemikirannya.

"Saya tidak menambahkan apa-apa. Saya mendukung pernyataan Pak Jokowi, Cukup, cukup" kata Ma'ruf Amin dalam debat perdana Kamis malam 17 Januari 2019.

Bahkan saat Jokowi menyampaikan pemaparan mengenai masalah disabilitas, Ma'ruf Amin juga belum terlihat menyampaikan pemikirannya untuk membantu dan melengkapi pernyataan Jokowi.

Selain itu, pertanyaan-pernyataan yang disampaikan Prabowo dan Sandi, seluruhnya selalu dijawab Jokowi. Ma’ruf Amin sempat mencoba menyampaikan pemikirannya saat membantu Jokowi untuk menjawab pertanyaan Sandiaga Uno terkait masalah disabilitas. Tapi belum lengkap menyampaikan, waktu yang tersedia dalam debat justru telah habis. (ren)