Fahri Hamzah Kecewa Paslon Debat Pilpres Pakai Contekan

Fahri Hamzah
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku kecewa dengan debat pilpres perdana. Sebab, selain diberikan kisi-kisi, para pasangan calon capres-cawapres juga membawa contekan.

"Kecewa saya sama panggung #DebatPertamaPilpres2019 malam ini....@KPU_ID tidak saka memberikan kisi2 tapi membolehkan adanya contekan sehingga wajah kandidat sering melihat ke bawah dan tidak menyimak," cuit Fahri melalui akun twitter @Fahrihamzah, Kamis malam, 17 Januari 2019.

Akibat adanya contekan, Fahri menilai jawaban kandidat menjadi tak nyambung. Ia pun meminta agar KPU mengubah konsep debat yang akan datang.

"Ayo KPU ubah ini masih ada 4 kali," kata Fahri.

Ia menilai harus ada protes keras pada KPU. Sebab dengan drama, para capres dianggap bersembunyi di balik hapalan pertanyaan dan jawaban. 

"KPU menipu kita!" ujarnya.

Ia pun mempertanyakan apakah KPU tak malu melihat debat yang mirip dengan cerdas cermat anak sekolah. Sebab, kandidat dianggap tak menyimak pertanyaan dan sangkalan.

"Karena sibuk membaca kerpekan...lalu waktu menjawab tidak nyamBung. Tapi karena jawaban capres kita anggap ok2 aja," ungkapnya.

Menurutnya, calon presiden tidak perlu dibantu atau dilindungi dalam debat. Sehingga ia ingin membiarkan mereka ditelanjangi oleh kata-kata mereka sendiri. 

"Mereka jangan lagi membaca tulisan orang. Biar keluar apa yang sebenarnya ada dalam kepala, dalam hati dan dalam impian mereka. Jangan dibela!" tegasnya.