TGB Nilai Setiap Segmen Debat Perdana Jokowi-Ma'ruf Lebih Meyakinkan

Tuan Guru Bajang, Zainul Majdi.
Sumber :
  • Ridho Permana/VIVA.co.id

VIVA – Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang alias Zainul Majdi, mengatakan, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo terlihat lebih memahami peta masalah dalam debat pertama soal Hukum dan Hak Asasi Manusia. 

TGB menilai, apa yang disampaikan Jokowi bukan memulai dari nol. Bahwa reformasi hukum atau penguatan pendekatan itu dianggap sudah dilakukan.

"Beliau tegas dan komitmen betul bahwa penegakan hukum dari conflict of interest," kata TGB usai debat pilpres di Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

"Apa yang beliau akan lakukan ke depan adalah bagian dari menyempurnakan langkah-langkah yang dilakukan selama kurang lebih empat tahun," tambahnya.

TGB menuturkan, setiap segmen Jokowi lebih meyakinkan dibandingkan Prabowo. Begitu juga dengan cara Ma'ruf memaparkan penanganan terorisme.

"Saya pikir setiap segmen beliau tampil lebih meyakinkan. Satu poin yang menarik bahwa cawapres Kiai Ma'ruf Amin tegas menyampaikan sebab dari radikalisme itu harus didiagnosa dengan tepat kalau masalahnya pemahaman agama yang salah," tuturnya.