Debat Kedua, Jokowi Akan Menyerang

Capres Pemilu 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Debat kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, 17 Februari 2019. Tim pemenangan kedua kubu kembali mengatur strategi.

Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Usman Kansong, mengatakan pada debat nanti Jokowi bakal menyerang atau ofensif. 

"Pak Jokowi bakal ofensif. Pak Jokowi pasti akan sampaikan pencapaian dan visi-misi ke depan. Ketika saya bilang Pak Jokowi akan sampaikan visi-misi itu dalam tanda petik menyerang, kalau menyampaikan pencapaian itu kan bertahan," kata Usman di Rumah Cemara, Jakarta Pusat, Senin, 28 Januari 2019.

Usman menuturkan, senjata lainnya tentu dari rekam jejak dari apa yang sudah dilakukan Jokowi. Kedua pasangan punya rekam jejak, baik kinerja maupun perilaku politik.

"Kemarin kan cerita rekam jejak dan keduanya mempunyai rekam jejak. Yang satu soal kinerja dan yang satu soal perilaku politik. Pak Jokowi sudah bilang tidak pernah punya beban sejarah soal pelanggaran hukum," paparnya.

Usman menjelaskan, segala kemungkinan dalam debat nanti akan disiapkan, mulai dari yang terbaik sampai terburuk. 

"Isu soal lingkungan, energi sudah kami siapkan simulasinya, termasuk antisipasi serangan dari kubu 02," ujarnya.

Bagi Usman, TKN tidak masalah siapa pun panelis nanti. Hal yang paling penting adalah orang-orang yang berkompeten dan independen. "Asal kompetensinya menuhi dan independen tidak masalah," katanya. (ase)