Viral Jokowi 'Dituding' Pakai Earpiece saat Debat, Begini Respons TKN

Debat Kedua Capres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani, menanggapi isu ramai di media sosial yang menuding Jokowi menggunakan earpiece saat debat semalam. Ia menyebut tudingan tersebut hoax yang dibuat karena Jokowi unggul debat.

"Hahaha. Kalau enggak bisa unggul soal bahan debat, dan hanya unggul soal penguasaan lahan, maka ya begitu efek sampingnya: sebar hoax, nyinyir, marah-marah, termasuk nuduh soal earphone dan pulpen," kata Arsul saat dihubungi, Senin 18 Februari 2019.

Ia menilai, tudingan tersebut muncul karena pikiran dan sikap mereka yang menuduh dari awal merendahkan Jokowi dan terlalu mengagungkan Prabowo. Mereka mengunderestimate Jokowi tak punya kemampuan debat.

"Sehingga begitu Pak Jokowi tampil dengan data-data baik kuantitatif maupun kualitatif, maka kaget, dan bikin hoax baru. Apalagi siapapun yang melihat debat tadi malam, akan bisa menyimpulkan Pak Prabowo hanya bicara sampai visi dan misi, tapi tak mampu jelaskan agenda aksi atau program konkret yang akan dijalankannya kalau terpilih," kata Arsul.

Saat ditanya soal kenapa Jokowi terlihat menekan-nekan telinga dan memegang pulpen saat debat, ia pun mempertanyakan buku yang dibawa Prabowo dalam debat. "Sama dengan yang mempertanyakan untuk apa dihadapan Pak Prabowo juga ada buku?" Kata Arsul. (ren)

Lihat komentar Jokowi usai debat Capres kemarin pada video di bawah ini. Apa komentarnya soal debat Prabowo: