Resep Awet Muda Ala Mbak Tutut Soeharto

Keluarga Cendana saat panen padi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Siapa yang tak kenal Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut, putri pertama Presiden kedua RI, Soeharto. Meski sudah jarang terlihat di depan publik, ternyata Tutut masih aktif di kancah politik nasional membantu adiknya yakni Tommy Soeharto. Tommy diketahui merupakan Ketua Umum Partai Berkarya.

Tutut yang diketahui sudah berusia 70 tahun ini masih mau ikut kampanye bersama Partai Berkarya. Tak tanggung-tanggung, dia mendatangi daerah terpencil melalui jalur darat yang menghabiskan waktu belasan jam. Tutut bahkan ikut memanen padi oleh petani yang dibina dari partai adiknya tersebut.

Stamina yang kuat hingga usia senja ini ternyata ditiru Tutut dari sang ayah. Dia sering melihat rutinitas Soeharto sejak masih kecil hingga ayahnya tutup usia.

“Wajah itu cerminan jiwa kita. Bila batin kita senang dan bahagia, wajah kita pun akan secerah kebahagiaan yang kita rasa," ujar Tutut dalam keterangan persnya, Minggu, 24 Maret 2019.

Tutut bercerita mengapa keluarga besarnya akur hingga sekarang. "Bapak dan Ibu selalu meminta kita rukun dengan saudara. Meminta kami saling dukung, saling membesarkan. Jadi ini juga bagian dari bakti saya kepada kedua orang tua kami,” kata dia. 

Berkaitan dengan sang ayah, menurut Tutut ada juga hal yang menjadi resep istimewa untuk menjaga staminanya dalam berkarya demi kemaslahatan bersama.

“Bapak selalu berpesan, ‘nduk, libatkanlah selalu Tuhan dalam perjalanan hidupmu. Jangan sekali-kali kamu meninggalkan-Nya’,” ucap Tutut, menirukan pesan sang ayah. (ase)