Begini Wujud Jokowi-Maruf Kampanye Terbuka Pakai Hologram 3D

Hologram Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • Eduward Ambarita/VIVA.co.id

VIVA – Model kampanye menggunakan hologram akan menjadi metode kampanye Jokowi - Ma'ruf yang akan ditayangkan di berbagai daerah untuk menyapa pendukung. Menurut Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma'ruf, Erick Thohir, hologram ini akan mengisi kampanye yang tak bisa dihadiri jagoan mereka.

Dengan bus van, panggung mini akan disiapkan 'bayangan' Jokowi - Ma'ruf secara bergantian untuk pidato yang sebelumnya sudah direkam. Erick menegaskan, hologram 3D nanti selain berkeliling ke beberapa derah juga akan fokus bergerak di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. 

"Teknologi ini seratus persen karya anak bangsa," kata Erick, Senin 25 Maret 2019. 

Pantauan VIVA, Ma'ruf yang hadir saat peluncuran, turut menyaksikan hologram menampilkan dirinya berpidato di atas panggung. Tidak hanya Ma'ruf, bayangan itu, juga menampilkan pidato Jokowi seakan berada di lokasi yang sama.

"Kami mencoba memperkenalkan model teknologi komunikasi yang bisa kita berikan. Sehingga nanti ke depan anak-anak kita mampu melakukan hal seperti itu. Dan buatan anak - anak kita sendiri. Saya saja baru tadi pagi, itu sudah bisa jadi. Saya kira ini luar biasa," kata Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan, teknologi hologram merupakan salah satu cara untuk menyapa pendukung dan masyarakat jika belum sempat ke wilayah mereka. 

Selain itu, Ma'ruf juga menegaskan, cara ini juga mengenalkan ke khayalak luas bahwa kampanye pasangan petahana tidak monoton. Pemilu, kata Mustasyar PBNU itu, harus bergembira bukan memaki - maki dan fitnah. 

"Kita ingin memberikan semacam pembelajaran pada masyarakat terutama milenial bahwa kita bisa menggunakan teknologi untuk berkomunikasi," kata Ma'ruf. (ren)