Jokowi 'Ancam' Pendukungnya jika Suara di Kaltim Kurang 70 Persen

Calon presiden Joko Widodo berkampanye terbuka di Balikpapan Sport & Convention Center Dome Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis, 28 Maret 2019.
Sumber :
  • VIVA/NR Syaian

VIVA – Calon presiden Joko Widodo berkampanye terbuka di Balikpapan Sport & Convention Center Dome Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis 28 Maret 2019. Ribuan orang pendukungnya memenuhi gedung besar itu.

Di depan para pendukungnya, Jokowi, selain mengampanyekan tiga program andalan alias tiga kartu saktinya, ia juga menargetkan perolehan suara di Kalimantan Timur mencapai 70 persen. Dia menargetkan itu, berdasarkan raihan suara pasangan Jokowi-Jusuf Kala yang mencapai 63 persen pada pemilu 2014.

“Kalau di bawah 70 persen, awas," ujarnya, mencandai para pendukungnya.

Namun, dia mengingatkan lagi bahwa target itu realistis, bukan muluk-muluk. "Kita sanggup bekerja semuanya, sanggup?” tanya Jokowi, yang dijawab serempak sanggup oleh massa.

Jokowi juga juga optimisti,s hal yang telah dilakukan partai koalisi hingga para relawan dalam bekerja keras memenangkannya. Salah satunya, kampanye langsung dari rumah ke rumah, termasuk menepis hoax yang sering menyerangnya.

“Pekerjaan kita dari pintu ke pintu sekarang, untuk menyampaikan apa yang telah kita kerjakan dan juga untuk menepis hoax yang banyak di medsos, [ada isu yang sudah] masuk ke rumah-rumah,” ujarnya.

Dalam kampanye itu, Jokowi ditemani Iriana Joko Widodo. Turut pula, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Tohir dan Ketua Tim Kampanye Daerah wilayah Kalimantan Timur, Safaruddin.

Jokowi mewanti-wanti para pendukungnya, untuk melawan berbagai berita bohong yang kerap menyudutkannya. Misalnya, rumor bahwa pemerintah akan melegalkan zina jika Jokowi-Ma'ruf Amin menang. "Ini bohong, hoax semuanya, sehingga harus diluruskan, jangan didiamkan."

Sebelum berorasi di gedung BSCC Dome, Jokowi juga berkeliling menyapa warga Balikpapan, di antaranya mengunjungi di Desa Manggar Balikpapan. Dari atas Jembatan Manggar, Jokowi menyapa barisan para nelayan yang bersusun di atas perahunya. Para warga menggelar lomba bakar ikan menyambut kedatangan Jokowi. (asp)