Kejar Target Pemilih, Demokrat Berharap Rebut Suara Undecided Voters

Komandan Komando Satuan Tugas Bersama Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Sumber :
  • VIVA/Erfan Septyawan

VIVA – Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, menanggapi hasil lembaga Survei Indikator Politik Indonesia yang menyebutkan Demokrat akan mendapatkan elektabilitas 8,7 persen dalam survei yang dilakukan pada 22-29 Maret 2019.

Menurut AHY, hasil tersebut membuat Demokrat optimistis dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

"Ya terima kasih, kami tetap membangun optimisme. Tidak mungkin kalau tidak optimis kami melakukan perjalanan secara intensif ke berbagai daerah khususnya di Pulau Jawa," kata AHY di Indramayu, Jawa Barat, Rabu 3 April 2019.

AHY optimistis, sebab dia menilai saat ini masih ada beberapa persen pemilih yang belum menentukan hak pilihnya. Jika mengacu pada hasil survei Indikator tersebut, terdapat 7,2 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya. 

Jika Demokrat mampu merebut suara yang masih mengambang tersebut, target dua digit perolehan suara bukan hal yang mustahil.

"Saya sendiri melihat masih tersisa ruang-ruang yang kita harap lebih baik lagi, karena undecided voters juga tentunya sampai dengan hari ini belum menentukan pilihannya. Ke mana mereka akan melakukan atau memberikan suaranya dalam konteks pemilihan legislatif," ujarnya

Partai Demokrat menekankan kepada seluruh calegnya untuk terus menyapa masyarakat, bertemu tokoh dan menyampaikan program yang dimiliki “Demokrat untuk Rakyat.” Selain itu, sebagai ketua Tim Pemenangan Nasional Partai Demokrat di Pemilu 2019, AHY juga rutin menggelar pertemuan besar di sejumlah kota. 

"Saya berharap di sisa waktu ini kami bisa semakin meningkatkan intensitas pertemuan dengan masyarakat, para tokoh yang berpengaruh juga, termasuk tidak hanya ketuk pintu dari rumah ke rumah, dari warung ke warung, tetapi juga melalui pertemuan-pertemuan yang lebih besar lagi," kata AHY

Dia menambahkan, ”Yang lebih penting lagi adalah saya meyakinkan bagaimana para kader, relawan, simpatisan itu bekerja dengan solid, bekerja sama, tidak melihat justru bersaing antara sesama Partai Demokrat sendiri. Tapi kami ingin bersama mendapatkan tambahan suara karena kami punya niat dan optimisme untuk menambah jumlah suara dan jumlah kursi”.

Sebelumnya, Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2019. Dalam rilis tersebut, ada sejumlah partai yang menduduki posisi lima besar, di antaranya PDIP dengan 24,2 persen suara, Gerindra dengan 12,5 persen suara, Golkar dengan 11,5 persen suara, PKB 8,8 persen suara, dan Demokrat dengan 8,7 persen suara.

Survei ini dilakukan pada 22-29 Maret 2019. Jumlah responden 1.220 responden, dengan multistage random sampling dan margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.