Fahri Wanti-wanti Banyak Caleg Sebar Amplop Jelang Pileg

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Fahri Hamzah.
Sumber :

VIVA – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mewanti-wanti banyak caleg yang menjalankan strategi 'serangan fajar' menjelang Pileg 2019. Serangan fajar ini dengan menyebarkan amplop berisi uang kepada para calon pemilih.

Menurut Fahri, peristiwa tertangkapnya politikus Golkar Bowo Sidik Pangarso oleh KPK karena menerima suap untuk serangan fajar, hanya contoh satu kasus yang terungkap saja.

"Peristiwa itu sangat membuat orang-orang sekarang bertanya. Ini kan yang tertangkap. Jangan-jangan, yang bagi-bagi amplop begitu banyak di tempat lain," ujar Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 4 April 2019.

Fahri menilai, menjelang Pileg 2019 yang akan digelar kurang dari dua pekan lagi, KPK harus menggencarkan pencegahan terhadap serangan fajar. Salah satu caranya dengan menggandeng Bawaslu.

Sebab, Bawaslu juga memiliki tanggung jawab untuk tidak hanya mengawasi terjadinya pelanggaran Pemilu, namun juga mencegahnya. Menurut dia, hal ini bisa dilakukan karena modusnya mudah dilacak.

"Itu kan modusnya mudah dilacak. Maka Bawaslu harus mengambil langkah cepat supaya paling tidak, ini cukup menjadi satu peristiwa saja. Tidak ada peristiwa lainnya," ujar Fahri.