PCNU Lumajang Protes Sandi Kibarkan Bendera NU

Cawapres Nomor 02 di Temanggung.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Lumajang memprotes aksi calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, yang mengibarkan bendera NU saat kampanye terbuka di Stadion Semeru, Lumajang, Kamis 4 April 2019 lalu.

"Bendera NU merupakan kehormatan Jam'iyah NU yang merupakan hasil istikhoroh para muassis Jam’iyah NU yang mencerminkan nilai luhur, dan harokah perjuangan NU," kata Ketua PCNU Lumajang M Mas'ud dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 6 April 2019.

Mas'ud menambahkan, NU memandang aspirasi atas hajat politik merupakan hak setiap warga negara, namun seyogyanya kinerja politik untuk meraih simpati masyarakat harus dilakukan dengan cara yang bermartabat tanpa menodai lembaga, organisasi dan institusi resmi.

"Kami mewakili segenap keluarga besar NU Kabupaten Limajang menyampaikan kekecewaan dan nota keberatan yang sangat atas tindakan penyalahgunaan bendera NU dalam kegiatan kambanye akbar paslon 02 yang bertempat di Stadion Lumajang 4 April 2019," katanya.

Tindakan pengibaran bendera NU dalam rangka kampanye politik, kata Mas'ud merupakan bentuk pelecehan kepada Jam'iyah NU yang dapat menimbulkan gerakan horisontal di tengah masyarakat.