Ajak Kaum Muda Ikut Pemilu, Menteri Jonan: Ayo Mencoblos, Pasti Keren

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengimbau kepada kaum muda Indonesia untuk ikut mencoblos pada Pemilu 2019 dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), 17 April 2019 mendatang.

"Ini adalah masa depan bangsa. Ini adalah masa depan kita semua," ujar Jonan dalam rekaman video yang diterima VIVA, Sabtu, 13 April 2019.

Jonan mengemukakan, semua pihak wajib mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Kebhinekaan. "Dari Miangas sampai Pulau Rote, dari Sabang sampai Merauke. Ayo mencoblos, pasti keren," ujarnya.

Pemilu 2019 akan digelar pada 17 April 2019. Pada pemilu kali ini, pemilihan presiden dan pemilihan legislatif akan digelar serentak.

Terdapat 20 partai politik (parpol) yang menjadi peserta Pemilu 2019. Mereka terdiri atas 16 partai nasional dan empat partai politik lokal di Aceh. 

Sejumlah 16 parpol nasional yang berkompetisi, yaitu PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Partai Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Partai Demokrat, PBB, dan PKPI. Lalu empat partai lokal di Provinsi Aceh yang ikut pemilu, yaitu Partai Aceh (PA), Partai SIRA, Partai Daerah Aceh (PDA), dan Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Sementara pada Pilpres 2019, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin bersaing dengan pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, untuk meraih suara rakyat. (ase)