Ditanya soal e-Sport, Prabowo Jawab Ingin Jamin Swasembada Pangan

Debat Kelima Capres-Cawapres 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Calon presiden Joko Widodo sempat mengajukan pertanyaan spesifik tentang perkembangan industri digital kepada rivalnya Prabowo Subianto dalam debat kelima dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu malam, 13 April 2019.

Jokowi mencontohkan pertumbuhan industri digital seperti tren olahraga berbasis digital atau e-sport dan geliat kalangan muda menggandrungi permainan atau game online seperti Mobile Legend.

"Apa yang akan Pak Prabowo lakukan dalam rangka pengembangan e-sport dan ekonomi digital, seperti perkembangan game Mobile Legend?"

Meski pertanyaan itu Jokowi arahkan langsung kepada Prabowo, sang rival lantas memberikan kesempatan menjawab kepada calon wakilnya, Sandiaga Uno.

Sandiaga mengakui, industri digital di kalangan milenial tumbuh begitu pesat. Itu indikator utama juga bahwa sektor ekonomi kreatif sedang tumbuh. Pemerintah, katanya, seharusnya membuat regulasi yang jelas untuk memberdayakan industri digital di kalangan muda.

"Jangan sampai Indonesia hanya fokus untuk diserbu oleh produk-produk impor, terutama yang berkaitan dengan e-sport."

Setelah Sandiaga memaparkan visi dan misinya tentang industri digital, baru Prabowo menyusul menjawab. Prabowo mengaku lebih memfokuskan kinerja pemerintahan pada upaya memastikan harga kebutuhan pokok, terutama pangan, terjamin.

"Saya memfokuskan kebijakan pada kebijakan-kebijakan mendasar, yang menjawab kebutuhan pangan Indonesia, meningkatkan penghasilan para petani, melindungi nelayan, melindungi buruh, guru honorer," katanya.

"Yang digital-digital itu," Prabowo menambahkan, "memang bagus. Tapi kita harus memastikan pangan kita terjangkau; kita harus berswasembada pangan." (ase)