Anies Yakin Perhelatan Pemilu 2019 di DKI Berjalan Aman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan naik MRT, Senin, 1 April 2019
Sumber :
  • VIVA/Adinda Rachmi

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan optimistis daerah yang dipimpinnya bisa aman dalam perhelatan pencoblosan Pileg dan Pilpres 2019. Tahapan pencoblosan akan digelar pada Rabu, 17 April 2019.

Anies tak menampik DKI dianggap sebagai miniatur nasional maka dituntut bisa sukses. Dia yakin tuntutan itu bisa dipenuhi jajarannya.

Keyakinan itu, tidak terlepas dari perhelatan Pilkada DKI 2017. Meski dinamika panas, namun bisa berjalan sukses dan lancar. Pilkada DKI yang berlangsung dua putaran tetap berjalan aman dan lancar.

"Insya Allah tertib berjalan baik. Kalau dari sisi operasional di lapangan seluruh jajaran kita sudah terbiasa menjalani proses pemilu. Rakyat kita juga sudah terbiasa. Pilkada kemarin berjalan dengan baik. Dua putaran juga dengan tertib," tutur Anies usai Apel Siaga jelang Pemilu 2019, di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu 14 April 2019.

Menurut dia, masalah keamanan tak ada masalah. Dari sisi sumber daya, DKI dinilai sangat mumpuni. Karena penyelenggaraan pemilu bukan pertama kali digelar. Tinggal saat ini, bagaimana komitmen para pihak terkait untuk turut menjaga suasana kondusif.

"Insya Allah tidak ada halangan. Kita semua harus menyampaikan harapan kepada semua pihak agar juga tertib juga sesuai ketentuan," ujar mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.