Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 17 April 2019 | 12:21 WIB

Mendikbud Muhadjir: Kebanyakan Lobang

Team VIVA »
Raden Jihad Akbar
Lucky Aditya (Malang)
Foto :
  • Lucky Aditya/VIVA.co.id
Mendikbud Muhadjir Effendi.

VIVA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi dan istrinya Suryan Widati menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS 20 di SDN Jatimulyo 01, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang untuk mencoblos.

Muhadjir dan istri mencoblos di bilik suara secara berdampingan. Keduanya pun kompak berbaju putih-putih. Usai mencoblos Muhadjir dan istri menunjukkan bukti surat suara. Setelah itu bergegas memasukan surat suara ke kotak suara.

Baca Juga

Namun ada hal yang jenaka, saat Mendikbud salah memasukan surat ke kotak suara. Muhadjir keliru memasukan surat suara untuk caleg tingkat 2 ke kotak suara caleg tingkat 1. Namun untuk surat suara ke capres dan lainnya tidak ada masalah.

"Keliru masukan, ya keliru calon DPRD tingkat 2 masuk di kotak suara calon DPRD tingkat 1 yang DPD juga hampir salah masukan tapi tidak jadi. Rumit ya, terlalu banyak lubang," kata Muhadjir sambil bercanda, Rabu, 17 April 2019.

Muhadjir mengatakan, sebenarnya Pemilu 2019 proses pelaksanaannya jauh lebih baik ketimbang sebelumnya. Sebelum masuk ke bilik suara, warga diberi tahu cara memilih di papan pengumuman. Sehingga informasi itu memudahkan warga saat berada di bilik suara.

"Kalau untuk surat suara capres dan cawapres tidak ada masalah. Sebenarnya untuk Pileg tidak bingung sih, bahkan sudah banyak yang tahu. Setelah melihat di papan pengumuman bisa membayangkan bagaimana nanti lempitan kertas suara," ujar Muhadjir.

Selain itu, sebagai menteri yang membidangi pendidikan dan kebudayaan Muhadjir berharap pemimpin terpilih dapat membuat Indonesia semakin maju. Sesuai data UNESCO Indonesia ditetapkan sebagai negara super power budaya. Karena memiliki beragam kebudayaan. Dia berharap presiden terpilih dapat mengembangkan potensi super power budaya yang dimiliki Indonesia.

"Semoga bikin Indonesia semakin maju. Indonesia ini besar dengan potensi luar biasa di sektor budaya. Kita negara Super power budaya itu kata UNESCO. Untuk negara lain boleh jadi super power ekonomi, militer. Tapi Indonesia lah yang hanya memiliki kekhasan budaya. Sehingga menjadi negara super power budaya," tutur Muhadjir. 
 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ulah Caleg yang Terancam Gagal
TVONE NEWS - 6 bulan lalu