Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 18 April 2019 | 16:57 WIB

Partisipasi Naik, Ma'ruf Sebut Semangat Milenial Ikut Pemilu Tinggi

Team VIVA »
Lis Yuliawati
Eduward Ambarita
Foto :
  • VIVA/Eduward
Cawapres 01 KH Maruf Amin

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengamati partisipasi pemilih yang mengalami kenaikan pada Pemilu 2019. 

Angka partisipasi mencapai 80 persen. "Masyarakat kita semakin mengerti politik dan semakin memiliki tanggung jawab untuk ikut menentukan pemimpin di masa depan. Saya kira ini pelajaran penting. Masing-masing pihak ingin pemimpin yang disukainya ini lantas dia pilih," ujar Ma’ruf, di Jakarta, Kamis, 18 April 2019.

Baca Juga

Ma'ruf menyebutkan, sejak awal pihaknya terus mendorong agar masyarakat menggunakan hak pilih. Berbagai cara dilakukan, termasuk merayu pemilih mengambang di kalangan muda atau milenial.

"Tapi kali ini semangatnya (milenial) tinggi, ini luar biasa," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyampaikan target partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 melampaui target.

Ia menyebutkan, 80 persen masyarakat menyalurkan hak suaranya kemarin. Angka itu naik lima persen dibanding pemilu lima tahun lalu.

"Ini lebih dari target RPJMN 2015/2019 sebesar 77,5 persen. Hal ini tunjukkan siapa pun presiden terpilih, punya legitimasi yang tinggi," ujar Wiranto usai rapat koordinasi pengamanan pasca-pemilu di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis, 18 April 2019.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Hadir di Kongres PDIP, Prabowo-Mega Makin Mesra
TVONE NEWS - 10 hari lalu