Kelelahan di TPS, Eva Arnaz Meninggal Dunia

Petugas KPPS pada Pemilu 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Pemilu 2019 meninggalkan duka mendalam bagi keluarga Eva Arnaz, yang merupakan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kelurahan Pulo Padang, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. 

Wanita berusia 35 tahun itu meninggal dunia diduga akibat kelelahan, usai bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 21. Eva sempat mendapatkan perawatan medis di rumah sakit terdekat selama dua hari, sebelum menghembuskan napas terakhirnya.

“Dia meninggal Sabtu pagi, 20 April 2019 dan sudah dimakamkan sore kemarin,” sebut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhan Batu, Zafar Sidiq Pohan kepada wartawan, Minggu 21 April 2019.

Eva yang meninggalkan dua orang anak diduga kelelahan setelah bekerja hingga larut malam untuk menuntaskan pekerjaannya. Hal itu membuat ia drop, Eva sebelumnya memiliki riwayat penyakit stroke.

 “Dia pernah stroke, mungkin bercampurlah dengan kelelahan sehingga terjadi seperti itu,” jelas Zafar. 

Zafar dan komisioner KPU lainnya mengaku prihatin dengan kejadian ini. Mereka menyatakan turut berbelasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Meninggalnya Eva menambah daftar petugas KPPS yang meninggal dunia diduga akibat kelelahan di Sumut. Kemudian, Peristiwa serupa juga banyak terjadi di daerah lain.

Sebelumnya, seorang petugas kepolisian di Sumut, Ipda Anumerta Jonter Siringoringo juga meninggal dunia pascapemungutan suara. Dia diduga kelelahan dan mengalami serangan jantung.

Di Jambi, seorang anggota petugas ketertiban dan keamanan di Tempat Pemilihan Suara (TPS) 09, bernama M.Amin warga Desa Tanjung Katung, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi Meninggal karena terlalu lelah saat bertugas di TPS.

Dari informasi yang dihimpun VIVA, M.Amin meninggal pada Jumat pagi, 19 April 2019. Ketika itu istrinya membangunkan Amin, namun ternyata ia sudah tiada.

Komisioner KPU Muaro Jambi, Supriadi Muhammad membenarkan atas meninggalnya M. Amin. Almarhum meninggal dunia diduga karena kelelahan usai menjalankan tugas.

"Ya, benar ada satu orang meninggal. Itu kita dapat kabar dari Istri Almarhum M.Amin," kata dia.

Atas informasi ini Supriadi sangat prihatian terhadap almarhum yang memperjuangkan demokrasi pemilu 2019. Namun Ia juga berpesan kepada para petugas demokrasi pemilu 2019 agar selalu tetap semangat dan selalu menjaga kesehatan tubuh.

"Saya harap jaga kesehatan selalu dan selalu semangat," katanya M inggu, 21 April 2019.

Tidak sampai di situ, Anggota Pengawas Pemilu 2019 di Jambi juga ada yang jatuh sakit hingga  masuk rumah sakit serta langsung diinfus.

"Sakitnya karena kelelahan namun tidak sampai menginap di rumah sakit," kata Rano, Anggota Panwascam Kecamatan Pal Merah Kota Jambi.

Tidak hanya di Pal Merah Kota Jambi, para Pengawas Pemilu termasuk di tiap Kabupaten dan Kota Jambi juga banyak yang jatuh sakit karena kelelahan.