86 Petugas KPPS Jadi 'Tumbal' Pemilu 2019

Komisioner KPU Viryan Aziz
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA – Kabar duka menyelimuti Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Beberapa dari mereka ada yang jatuh sakit bahkan meninggal dunia.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan Aziz, mengatakan sejauh ini ada 86 petugas KPPS yang mengalami musibah.

"86 petugas yang mengalami musibah. Meninggal 54 dan sakit 32 orang," kata Viryan saat dikonfirmasi, Senin, 22 April 2019.

Namun, Viryan belum bisa merinci petugas di mana saja yang mengalami musibah tersebut. "Data tadi malam, barusan masuk lagi laporan," katanya.

Saat ini, proses rekapitulasi suara Pemilihan Umum 2019 masih berlangsung. Pihak penyelenggara terus mengoptimalkan kinerja.

Sebelumnya, selama tahapan Pemilu 2019, sebanyak lima penyelenggara pemilu di beberapa daerah di Sulawesi Selatan dilaporkan meninggal dunia. Umumnya, para pejuang demokrasi itu kelelahan saat bertugas.

Kemudian 10 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat dinyatakan meninggal dunia, diduga akibat pelaksanaan tugas Pemilu 2019 yang mengharuskan mengurus dokumen Pilpres dan Pileg 2019 memakan durasi pengerjaan ekstra.

Ketua KPU Arief Budiman mengakui, pada dasarnya tugas penyelenggara pemilu, terutama petugas di tingkat KPPS, tidak ringan, selain juga banyak. Maka setiap petugas memang sangat berpotensi kelelahan kala bekerja. (ase)