Halo
Pembaca

Berita

Bola

Ramadan

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 April 2019 | 20:00 WIB

Ma'ruf Amin Ingatkan Janji Kandidat Pilpres Siap Terima Hasil Pemilu

Team VIVA »
Mohammad Arief Hidayat
Lilis Khalisotussurur
Foto :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) bersama calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin (kiri) menyaksikan hasil hitung cepat Pemilu Presiden 2019 di Jakarta

VIVA – Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa pemilu bukanlah perang, tapi memilih pemimpin nasional. Para kandidat dan lembaga penyelenggara pemilu pun sudah bersepakat untuk menyerahkan pilihan itu kepada rakyat.

Sebaiknya, kata Ma’’ruf, semua pihak menerima hasil pilihan rakyat. Sebab yang menentukan dan menghitung jumlahnya juga lembaga yang memang diberi mandat oleh negara.

Baca Juga

"Masalah siapa yang menang, siapa yang kalah, itu nanti KPU yang menentukan. Tetapi yang penting, kita semua siap menerima hasil itu seperti janji waktu awal bahwa kita siap untuk menerima apa pun hasilnya," katanya di kantor pusat Nahdlatul Ulama, Jakarta, Senin, 22 April 2019.

Menurutnya, kesadaran semacam itu perlu. Sesudah itu perlu upaya rekonsiliasi untuk mengutuhkan kembali, karena keutuhan bangsa harus diutamakan daripada kepentingan-kepentingan kelompok atau golongan.

Terpopuler

"Karena bangsa ini harus kita jaga keutuhannya. Karena itu, seperti pemilu-pemilu yang lalu, telah selesai, itu kita tetap utuh kembali, menyatu kembali dan rekonsiliasi," ujarnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Sidang Sengketa Pilpres, Bagaimana Keamanan Bersaksi di MK?
TVONE NEWS - 4 jam lalu
Terbaru