Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 24 April 2019 | 20:34 WIB

Petugas Bertumbangan, Ma'ruf Amin Serukan Pemilu Serentak Dievaluasi

Team VIVA »
Mohammad Arief Hidayat
Cahyo Edi (Yogyakarta)
Foto :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin bicara mengenai banyaknya petugas penyelenggara pemilu yang meninggal dunia karena kelelahan saat atau usai bertugas. Ma'ruf mengaku prihatin melihat kondisi itu.

Ma'ruf mengusulkan untuk mengevaluasi sistem pemilu serentak 2019. Sebab, pemilu legislatif dan pemilu presiden yang digelar serentak cukup melelahkan, terutama bagi aparat penyelenggara, mulai Komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca Juga

"Perlu dievaluasi sistemnya. Mungkin sistemnya itu harus juga perlu dipertimbangkan karena kerja serentak. Kemudian dengan memilih lima pilihan, menyiapkan segalanya, mungkin terlalu lelah ya," kata Ma’ruf usai tasyakuran di rumah Habib Hilal Al Adid di Yogyakarta, Rabu, 24 April 2019.

Evaluasi penyelenggaraan pemilu, katanya, meliputi juga pemisahan pemilu legislatif dengan pemilu presiden. Pada pokoknya, harus dibuat sistem agar penyelenggaraan pemilu tidak melelahkan atau menghabiskan banyak energi sehingga banyak korban.

Dia setuju saja dengan usulan agar pemerintah memberikan santunan kepada para petugas KPPS yang meninggal dunia dan sakit saat atau usai bertugas pada 17 April 2019. Santunan, menurutnya, minimal menjadi bentuk penghargaan negara atas kerja keras mereka.

Topik Terkait
Saksikan Juga
KPU Tetapkan Sembilan Parpol Lolos ke Senayan
TVONE NEWS - 16 hari lalu