Linmas TPS 02 Palembang Meninggal Setelah Lima Hari Koma

Proses pemungutan suara Pemilu 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA – Najiullah, seorang petugas Linmas yang bertugas di TPS 02, Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Jakabaring Palembang, meninggal dunia setelah berjuang lima hari dalam keadaan tidak sadarkan diri di Rumah Sakit Bari Palembang, Sumatera Selatan.
 
Sebelumnya diinformasikan kalau Najiullah terkena serangan maag akut dan kelelahan saat menjaga kotak suara Pemilu 2019. Keluarga berharap ada santunan, karena mereka sudah menghabiskan banyak biaya untuk perawatan yang bersangkutan di rumah sakit.

Istri Najiullah, Sasmita tidak menyangka kalau tulang punggung keluarga itu akhirnya meninggal setelah menjalani perawatan. Korban yang kini terbujur kaku menambah deretan nama pahlawan demokrasi yang gugur saat menjalankan tugas pada Pemilu 2019. Dia meninggal dua orang anak yang masih kecil.

Menurut sasmita, suaminya memang tidak pulang selama menjalankan tugas. Dia juga harus selalu terjaga selama proses persiapan sampai penghitungan suara selesai dilakukan. Tapi tugasnya belum selesai, tiba-tiba Najiullah ambruk dan dilarikan ke rumah sakit.

"Aktivitas sebagai petugas keamanan di tempat pemungutan suara memang memaksa kita untuk kurang tidur. Cukup melelahkan sampai proses mengamankan kotak suara. Dia mengeluh sakit dan muntah-muntah sehingga harus dilarikan ke rumah sakit," kata Ketua KPPS TPS 02, Abu Bakar, Minggu 28 April 2019.

Meski sempat membaik, tapi takdir tetap menjemput Najiullah untuk menghadap Tuhan. Almarhum telah dimakamkan di TPU Naga Swidak, Kecamatan Seberang Ulu Dua Palembang.
 
"Dengan kejadian ini, keluarga berharap ada santunan. Satunan untuk kedua anaknya yang masih berusia tiga tahun dan satu tahun lebih," katanya.
 
Berdasarkan data KPU Sumel, tercatat ada 14 petugas pelaksana Pemilu 2019 yang meninggal dunia. Selain itu, ada puluhan petugas yang harus menjalani perawatan karena kelelahan bertugas.

Laporan: Febriansyah/ tvOne Palembang