Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 7 Mei 2019 | 15:16 WIB

KPU Tunggu Polisi Usut Keaslian Formulir C1 di Menteng

Team VIVA »
Lis Yuliawati
Fajar Ginanjar Mukti
Foto :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Petugas Bawaslu Jakarta Pusat menunjukkan kardus berisi ribuan formulir C1 Pemilu yang diamankan polisi dari sebuah mobil yang melaju di kawasan Menteng, Jakarta, di Gedung Bawaslu Jakarta Pusat

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunggu hasil penyelidikan kepolisian, soal keaslian formulir C1 atau hasil rekapitulasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang ditemukan dalam sebuah mobil di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut komisioner KPU Ilham Saputra, pihaknya baru akan merumuskan langkah tindak lanjut saat polisi telah memiliki hasil penyelidikan.

Baca Juga

"Itu sedang proses pembuktian. Kami serahkan ke kepolisian. Bagaimana (formulir) C1 itu, apakah asli atau tidak," ujar Ilham di Kantor KPU Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Selasa 7 Mei 2019.

Ilham mengaku belum dapat menilai keaslian dari formulir yang jumlahnya mencapai ribuan lembar. "Nanti kita cek," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, mobil yang membawa ribuan form C1 diamankan polisi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 4 Mei 2019 lalu.

Badan Pengawas Pemilu pun tengah menginvestigasi temuan tersebut. Ada sebanyak 2.006 salinan C1 dan 1.671 salinan. "Iya masih didalami," kata Kordiv SDM Bawaslu Jakarta Pusat, Roy Sofia Patra Sinaga, ketika dikonfirmasi.

Ribuan form C1 itu diduga berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Diketahui form tersebut berbeda dengan hasil rekapitulasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Form itu kebanyakan menunjukkan perolehan suara pasangan capres-cawapres bernomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang lebih unggul. 

Ribuan formulir itu ditemukan di dalam kardus dengan tulisan pengirim Ketua Seknas Prabowo-Sando M Taufik Seknas Prabowo - Sandi, dan ditujukan kepada Direktur Satgas BPN Prabowo-Sandi Toto Utomo Budi Santoso. (ren)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Presiden Menjabat 8 Tahun?
TVONE NEWS - 4 hari lalu